Selasa, 24 Januari 2012

DOA YANG DIDENGAR – BAGIAN 1

DOA YANG DIDENGAR – BAGIAN 1
Selasa, 24 Januari 2012 @ rhema radio
By: Pdt Petrus Agung Purnomo

(Bagian ke-2 saat konser doa tgl 25 sore)

Ada satu lagu Dia hanya sejauh doa, tapi kenyataannya doa seringkali jauh dan tidak ada hasilnya, banyak org yg gagal dlm doa2 mereka dst.

Bagian 1 Tahapan2 untuk mengidentifikasi tentang doa yg dijawab

Doa adalah sebuah komunikasi, lebih dulu cara pandang kita harus sama dgn Tuhan.
Mengapa org berdoa? Org berkata krn saya punya persoalan dlm hidup kita
Harusnya krn kerinduan kita untuk komunikasi / kenal Tuhan lebih lagi
Mari kita mendarat / kenyataan kebutuhan kita saja

Mat 4:1
Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis. - Matius 4:1

Roh Tuhan sendiri yg membawa Yesus ke padang gurun untuk dicobai, maka sebenarnya tidak ada peluang untuk kalah, krn semua dlm kontrol Tuhan. Hidup kita di disain untuk tidak pernah kalah krn kita di dalam Kristus dan yg mengalahkan dunia.

Ada 3 poin mengapa persoalan itu diijinkan Tuhan dlm hidup kita
-------------------------------------
1. Persoalan adalah sebuah kesempatan

Yakobus 1:2-4
2 Saudara- saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai- bagai pencobaan,
3 sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.
4 Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Kata ini dlm bhs inggris "wanting nothing" morris pernah pakai ini untuk menyatakan kelimpahan tidak kekurangan sesuatu apapun

Dlm terjemahan lain:
Kapanpun persoalan dtg jadikan itu sbg kesempatan
Meskipun iblis merencanakan persoalan, jadikan kesempatan untuk wanting nothing

Dalam negara yg masih berkembang spt indonesia masih banyak kesempatan untuk naik ke atas, oleh karena goncangan itu seperti celah untuk naik ke atas

Persoalan adalah kesempatan untuk naik, berkembang, maju
Contoh saat ditemukan Mc donald bermula dari persoalan krn antrian panjang menanti burger, maka dibuatlah fast food Mc donald

Sebagian besar penemuan2 disebabkan krn persoalan2 yg dimanfaatkan demikian rupa sehingga menciptakan penemuan2 ajaib oleh karena persoalan yg ada saat itu

Saat steve jobs (pendiri apple corp.) meninggal yg mengucapkan belasungkawa pertama kali adalah pimpinan microsoft yg mengatakan bahwa apple adalah pesaing yg baik, yg membuat microsoft harus terus berkembang berinovasi lebih lagi

Masalahnya adalah setiap kali masalah timbul apakah kita bisa berdoa Tuhan buatlah persoalan ini menjadi kesempatan untuk naik lebih tinggi lagi.

Misal: ada org yg sakit, ada kesempatan untuk menunjukkan perhatian dan kasih,
------------------------------
2. Persoalan / Tekanan adalah untuk menghisap jauh lebih banyak melatih kekuatan otot2 rohani kita .

Kis 14:21-22
Di tempat itu mereka menguatkan hati murid- murid itu dan menasihati mereka supaya mereka bertekun di dalam iman, dan mengatakan, bahwa untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah kita harus mengalami banyak sengsara. - Kisah Rasul 14:22

Satu pengajaran mengatakan bahwa Yesus sudah mati buat kita namun mengapa kita harus mengalami kesengsaraan
Artinya (bhs aslinya)
Kesengsaraan adalah Sebuah tekanan yg besar di emosi dan di roh yg disebabkan oleh tekanan diluar / di dalam

Paulus dan barnabas mengatakan ini bahwa untuk masuk kerajaan Allah harus mengalami banyak sengsara? Mengapa Tuhan ijinkan? Krn itu untuk melatih otot2 rohani kita agar kuat

Seperti ulat yg mau keluar kepompong dari lubang yg kecil dgn sudah payah berjuang, maka otot2nya kuat dan bisa terbang, penelitian membuktikan kepompong yg dilebarkan kupu2 itu tidak bisa terbang krn ototnya tidak dilatih.

Ada alat kesehatan yg membuat tubuh diberi tekanan besar di bawah air dan sambil menghirup oksigen maka asupan oksigen bisa meningkat jadi 20x lipat, dibanding saat tanpa tekanan

Tapi jika kita dalam tekanan kita menggerutu / kumpul dgn pencemooh2 maka racunlah yang masuk dlm hidup kita.

Tuhan membuat segala sesuatu dibelakang selalu ada manfaatnya, itulah mengapa Tuhan menyuruh kita mengucap syukur dlm segala hal, maka kita jadi lebih kuat lebih segar ketika ada persoalan kita tetap memasukkan yg baik dan ilahi dalam hidup kita, dan masuk hadirat Tuhan.

-------------------------------
3. Persoalan untuk mengekspose ketidakberdayaan manusia sehingga Kuasa Allah dpt dinyatakan dgn dahsyat

2 kor 12 : 7-10
7 Dan supaya aku jangan meninggikan diri karena penyataan- penyataan yang luar biasa itu, maka aku diberi suatu duri di dalam dagingku, yaitu seorang utusan Iblis untuk menggocoh aku, supaya aku jangan meninggikan diri.
8 Tentang hal itu aku sudah tiga kali berseru kepada Tuhan, supaya utusan Iblis itu mundur dari padaku.
9 Tetapi jawab Tuhan kepadaku: " Cukuplah kasih karunia- Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa- Ku menjadi sempurna. " Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.
10 Karena itu aku senang dan rela di dalam kelemahan, di dalam siksaan, di dalam kesukaran, di dalam penganiayaan dan kesesakan oleh karena Kristus. Sebab jika aku lemah, maka aku kuat.

Mengapa malah senang dalam kesesakan? Ini rahasia kerendahan hati, karena jika sudah diluar batas kemampuan kita maka kita terekspose ketidak mampuan kita untuk menyelesaikan persoalan itu.

Nah di titik itu kalau kita mengakui ketidak mampuan kita maka Kuasa Tuhan turun dan kerja dgn dahsyat.

Ini ada kaitannya dgn doa
Roma 8:26
26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan- keluhan yang tidak terucapkan.
27 Dan Allah yang menyelidiki hati nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang- orang kudus.
28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Ayat 26: Kalau kita menyerah dgn persoalan kita, maka Roh Tuhan yg akan takeover.
Ayat 27: pentingnya karunia bahasa roh
Ayat 28: Allah bekerja ambil alih

Jika kita menghadapi masalah di titik kita sudah tidak berdaya, maka itulah saatnya kita dtg kepada Tuhan menyerah dalam pimpinan Roh Kudus maka Tuhan yg akan menyatakan kuasanya dengan dahsyat.

Amin.
Tuhan Yesus memberkati.
sumber:
Link ringkasan:
http://jozaalwan.wordpress.com/2012/01/24/doa-yang-didengar-bagian-1/
Atau:
http://jozaalwan.wordpress.com/
 
sumber Link MP3: Minyak Cadangan
http://www.sendspace.com/file/7letyj
http://www.4shared.com/mp3/JuZ-kRzI/20120125_Doa_yang_Dijawab_1_-_.html
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar