Senin, 26 Maret 2012

YESAYA 60:1-22


YESAYA 60:1-22

Aku sudah bangkit, menjadi teranglah, sebab terangku datang, dan kemuliaan TUHAN terbit atasku.
Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasku, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasku.
Bangsa-bangsa berduyun-duyun datang kepada terangku, dan raja-raja kepada cahaya yang terbit bagiku.
Angkatlah mukaku dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua datang berhimpun kepadaku; anak-anakku laki-laki datang dari jauh, dan anak-anakku perempuan digendong.
Pada waktu ini aku sedang heran melihat dan berseri-seri, aku sedang tercengang dan sedang berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut sedang beralih kepadaku, dan kekayaan bangsa-bangsa sedang  datang kepadaku.
Sejumlah besar unta sedang menutupi daerahku, unta-unta muda dari Midian dan Efa. Mereka semua sedang datang dari Syeba, sedang membawa emas dan kemenyan, serta memberitakan perbuatan masyhur TUHAN.
Segala kambing domba Kedar sedang berhimpun kepadaku, domba-domba jantan Nebayot sudah tersedia untuk ibadahku; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Mu sebagai korban yang berkenan kepada-Mu, dan Engkau sedang menyemarakkan rumah keagungan-Mu.
Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya?
Sungguh, Engkaulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh; kapal-kapal Tarsis berlayar di depan untuk membawa anak-anakku laki-laki dari jauh, perak dan emasnya dibawa serta, untuk nama TUHAN, Allahku, dan oleh karena Yang Mahakudus, Allah Israel, sebab Ia mengagungkan ku.
Orang-orang asing sedang membangun tembokku, dan raja-raja mereka sedang melayani aku; sebab dalam murka-Mu Engkau  telah menghajar aku, namun Engkau telah berkenan untuk mengasihani aku.
Pintu-pintu gerbangku sedang terbuka senantiasa, baik siang maupun malam tidak akan tertutup, supaya orang dapat membawa kekayaan bangsa-bangsa kepadaku, sedang raja-raja mereka ikut digiring sebagai tawanan.
Sungguh, bangsa dan kerajaan yang tidak mau mengabdi kepadaku sedang lenyap; bangsa-bangsa itu sedang dirusakbinasakan.
Kemuliaan Libanon, yaitu pohon sanobar, pohon berangan dan pohon cemara, sedang dibawa bersama-sama kepadaku, untuk mempersemarak tempat bait kudus-Mu, sebab Engkau hendak memuliakan tempat kaki-Mu berjejak.
Anak-anak orang-orang yang menindas aku sedang datang kepadaku dan tunduk, dan semua orang yang menista aku sedang sujud menyembah telapak kakiku; mereka sedang menyebutkan aku "kota TUHAN," "Sion, milik Yang Mahakudus, Allah Israel."
Sebagai ganti keadaanku dahulu, ketika aku ditinggalkan, dibenci dan tidak disinggahi seorangpun, sekarang Engkau sedang membuat aku menjadi kebanggaan abadi, menjadi kegirangan turun-temurun.
Aku sedang mengisap susu bangsa-bangsa dan sedang meminum susu kerajaan-kerajaan maka aku  mengetahui, bahwa Engkaulah, TUHAN, Juruselamatku, dan Penebusku, Yang Mahakuasa, Allah Yakub.
Sebagai ganti tembaga Engkau sedang membawa emas, dan sebagai ganti besi Engkau sedang membawa perak, sebagai ganti kayu, tembaga, dan sebagai ganti batu, besi; Engkau sedang memberikan damai sejahtera dan keadilan yang sedang melindungi dan mengatur hidupku.
Tidak akan ada lagi kabar tentang perbuatan kekerasan di negeriku, tentang kebinasaan atau keruntuhan di daerahku; aku sedang menyebutkan tembokku "Selamat" dan pintu-pintu gerbangku "Pujian".
Bagiku matahari tidak lagi menjadi penerang pada siang hari dan cahaya bulan tidak lagi memberi terang pada malam hari, tetapi TUHAN sedang menjadi penerang abadi bagiku dan Allahku akan menjadi keagunganku.
Bagiku sedang ada matahari yang tidak pernah terbenam dan bulan yang tidak surut, sebab TUHAN sedang menjadi penerang abadi bagiku, dan hari-hari perkabunganku sudah berakhir.
Pendudukku semuanya orang-orang benar, mereka memiliki negeri untuk selama-lamanya; mereka sebagai cangkokan yang Engkau tanam sendiri untuk memperlihatkan keagungan-Mu.
Yang paling kecil sedang menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah sedang menjadi bangsa yang kuat; Engkau, TUHAN, sedang melaksanakannya dengan segera pada waktunya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar